tentang saham

pengertian investasi, jenis dan manfaat

investasi

pengertian investasi- Berinvestasi sangat penting bagi kita untuk mengelola keuangan kita dan dengan berinvestasi kita dapat menyisihkan sebagian dari pendapatan kita. Secara umum, investasi adalah kegiatan penanaman modal yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Secara garis besar, modal tidak hanya berupa uang, tetapi sumber daya lainnya.

Warren Buffett adalah salah satu orang yang menjadi kaya dan sukses melalui investasi. Dia mulai berinvestasi pada usia 11 tahun dan sekarang memiliki kekayaan $72,5 miliar (jika dikonversi ke rupiah, itu akan menjadi 1061 triliun). Ada juga banyak orang lain yang sukses melalui investasi, seperti Bill Gates, yang merupakan salah satu pendiri Microsoft dan memiliki total kekayaan $78 miliar.

Definisi investasi menurut para ahli adalah

  1. Sadono Sukirno

Pengertian investasi menurut para ahli yang pertama datang dari Sadono sukirno. Ia berpendapat bahwa investasi adalah suatu pembelanjaan, pengeluaran atau penanaman modal kepada suatu perusahaan untuk membeli perlengkapan produksi, rbang modal guna meningkatkan kemampuan memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian

  1. Henry Simamora

Investasi merupakan suatu aktiva yang dimanfaatkan oleh perusahaan guna meningkatkan kekayaannya melalui distribusi hasil penanaman modal seperti pendapatan sewa bunga, royalty, dividen dan sebagainya. Hal ini untuk mengapresiasi nilai investasi dan juga bermanfaat bagi suatu perusahaan yang melakukan investasi, misalnya mempererat hubungan dagang.

  1. Haming dan Basmalah

Investasi menurut para ahli, Haming dan Basmalah menyebutkan, investasi merupakan suatu pengeluaran yang digunakan untuk membeli jenis-jenis aset misalnya tanah, kendaraan, rumah atau lainnya. Aset-aset tersebut berguna untuk menambah penghasilan yang lebih besar di masa yang akan datang.

  1. Mulyadi

Dari Mulyadi, Investasi adalah suatu keterkaitan antara sumber-sumber yang ada dalam suatu periode dalam jangka waktu panjang untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

  1. Farid Harianto dan Siswanto Sudomo

Farid Harianto dan Siswanto Sudomo (1998) mengutarakan pendapatnya bahwa investasi merupakan suatu aktivitas dimana kita menempatkan dana pada suatu aset dalam periode tertentu dengan tujuan ingin memperoleh penghasilan atau peningkatan kekayaan.

Jenis jenis investasi

  1. Deposito

Deposito atau investasi berjangka waktu merupakan salah satu jenis investasi yang banyak diminati karena caranya yang sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Jika Anda menabung dalam jumlah dan waktu tertentu, Anda akan mendapatkan bunga sebagai imbalannya.

  1. Saham

Selain deposito, saham juga menjadi salah satu jenis investasi yang paling diminati. Secara teknis, Anda akan membeli saham di bursa efek, setelah itu Anda akan mendapatkan persentase hak kepemilikan perusahaan yang sahamnya telah Anda beli. Semakin besar persentase saham yang dimiliki, maka semakin kuat pula kekuatan Anda dalam perusahaan tersebut.

  1. Obligasi

Obligasi adalah jenis investasi yang hampir mirip dengan saham. Bedanya, keuntungan yang Anda dapatkan lebih dinamis dan jumlah uang yang Anda dapatkan cenderung lebih pasti.

  1. Reksa Dana

Reksa dana adalah investasi di mana dana yang dikumpulkan dari beberapa investor akan digabungkan menjadi satu dan kemudian diinvestasikan di berbagai pasar modal

 

Manfaat investasi

  1. Menghindarkan dari Inflasi

Inflasi yang terjadi setiap tahunnnya membuat nilai aset berkurang. dengan melakukan investasi maka aset juga akan berkembang menghasilkan nilai tambah sehingga bisa mengimbangi gerusan inflasi.

  1. Meningkatkan nilai uang/kekayaan

Manfaat dan tujuan investasi adalah untuk meningkatkan nilai kekayaan. bayangkan jika kamu memiliki investasi berupa emas yang harganya naik setiap tahunnya. tentunya hal tesebut akan menjadi sumber penghasilan tambahn untuk meningkatkan harta.

  1. Kebutuhan darurat

Ketika anda mengalami keadaan dimana membutuhkan dana untuk suatu kebutuhan, tentunya anda bisa menggunakan dana atau aset yang telah anda investasikan. tidak perlu pusing untuk mencari pinjaman karena masih tertutupi dengan investasi.

  1. Mempersiapkan kebutuhan masa depan

Berinvestasi dapat membantumu mempersiapkan modal untuk kebutuhan di masa depan. Sebut saja biaya pernikahan, pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lain. Melalui investasi, kamu bisa mengatasi peningkatan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

  1. Mencapai Financial freedom

Financial Freedom adalah kondisi di mana kamu merdeka secara finansial. Artinya, penghasilanmu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Pensiun lebih siap

Tentu seseorang tidak akan bekerja seumur hidup. Maka dengan investasi bisa mempersiapkan masa depan.

Selagi masih muda, persiapkanlah masa depan dengan baik. Selain menabung, kamu juga bisa berinvestasi dan memanfaatkan efek compounding untuk mempersiapkan dana pensiun.

  1. Melatih dalam pengambilan keputusan

Ada banyak pilihan investasi di jaman sekarang ini, sehingga kamu harus bisa memilih investasi yang tepat.

Kamu pun harus bisa mengambil keputusan finansial. Berbagai masalah yang akan kamu hadapi akan mengasah kemampuanmu analisamu. Wawasan dan pengetahuanmu tentang investasi pun akan bertambah seiring waktu.

  1. Membuka Wawasan

Menjadi seorang investor akan membuat seseorang memiliki banyak relasi, karena akan sering bertanya dan bertukar pikiran terkait produk investasi apa yang tepat untuk dipilih.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.