tentang saham

pengertian oblikasi karekteristik dan resiko dari obligasi

  1. Jonathan B. Berk

Menurut Jonathan B. Berk (2007:212), pengertian obligasi adalah surat berharga yang diterbitkan (dijual) oleh perusahaan atau pemerintah untuk memperoleh dana dari investor dengan pemberian kompensasi berupa bunga yang dibayarkan berdasarkan perjanjian awal.

  1. Eduardus Tandelilin

Menurut Eduardus Tandelilin (2010:40), arti obligasi adalah suatu sekuritas yang berisi janji untuk memberi pembayaran tetap sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

3. Frank J. Fabozzi

Menurut Frank J. Fabozzi, pengertian obligasi adalah jenis hutang atau surat pengakuan utang sebuah perusahaan atau pemerintah yang akan dibayar lunas ketika waktu jatuh tempo sebesar jumlah nominalnya. Penghasilan yang bisa diperoleh dari sebuah obligasi adalah tingkat bunga yang dibayarkan oleh penerbit obligasi.

4. Yuliana dkk

Menurut Yuliana dkk (2011), pengertian obligasi adalah surat pengakuan utang yang diterbitkan perusahaan atau pemerintah atau lembaga yang lain sebagai pihak yang berutang, yang memiliki nilai nominal tertentu dan kesanggupan untuk membayar bunga secara berkala atas dasar persentase tertentu yang tetap.

Karakteristik Obligasi

Berikut ini ciri atau karakteristik khusus obligasi diantaranya yaitu:

  • Memiliki klaim terhadap aset dan pendapatan perusahaan, ini berarti apabila perusahaan penerbit obligasi mengalami kebangkrutan, maka pemegang obligasi berhak didahulukan saat penjualan aset, selain itu pemegang obligasi juga berhak didahulukan untuk klaim pendapatan dibandingkan pemegang saham umum dan saham preference.
  • Selalu memiliki nilai nominal yang tertera dalam lembarnya.
  • Setiap penerbitan obligasi dengan kupon dengan tingkat suku bunga tertentu yang dapat dibayarkan setiap bulan, 3 bulan, 4 bulan atau 6 bulan.
  • Memiliki masa jatuh tempo, misalnya 2, 5, 10, 15 bahkan 30 tahun

1. Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah adalah obligasi dalam bentuk surat utang negara yang diterbitkan oleh Pemerintah RI. Pemerintah menerbitkan obligasi dengan kupon tetap (seri FR- Fixed Rate), obligasi dengan kupon variable (seri VR –Variable Rate) dan obligasi dengan prinsip syariah/ Sukuk Negara.

ADVERTISEMENT

2. Obligasi Korporasi

Obligasi korporasi adalah obligasi berupa surat utang yang diterbitkan oleh Korporasi Indonesia baik BUMN maupun korporasi lainnya. Sama seperti obligasi pemerintah, obligasi korporasi terbagi atas obligasi dengan kupon tetap, obligasi dengan kupon variabel dan obligasi dengan prinsip syariah.

Tidak hanya itu, obligasi korporasi juga terbagi menjadi yang sudah diperingkat dan tidak diperingkat.

3. Obligasi Ritel

Obligasi ritel adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah yang kemudian dijual kepada individu atau perseorangan melalui agen penjual yang ditunjuk oleh pemerintah. Salah satu jenis obligasi ritel adalah ori atau sukuk ritel.

Keuntungan & Risiko Obligasi

Obligasi memiliki banyak keuntungan dan risikonya masing-masing. Simak informasinya di bawah ini, seperti yang dikutip dari buku Akuntansi Perseroan karangan Sri Wahyuni Latifah.

ADVERTISEMENT

Keuntungan Obligasi

  • Dijamin oleh undang-undang
  • Menawarkan imbalan yang lebih tinggi
  • Dana pencairannya lebih cepat dan fleksibel

Risiko Obligasi

  • Terjadinya gagal bayar
  • Mengalami capital loss

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.